Dawet Oat

Buat dawet berbahan oat ini ketika si kecil sudah menginjak satu tahun. Ingin buat camilan yang sehat plus mengenalkan kurma. Lewat 1 tahun sudah boleh di beri garam dan gula pada menu makanan dan camilan nya. Tapi tetap ya sesuai takaran nya saja tidak berlebihan. Namanya baru belajar lambungnya mengenal garam dan gula. Dawet oat ini saya sajikan bersama potongan buah mangga dan potongan kurma. Pada potongan buah mangga ada sensasi rasa asam dan potongan buah kurma ada rasa manis.

Buat dawet nya sederhana saja,bahan nya hanya oatsy oatmeal instan, jelly rasa plain dan air. Supaya tidak terlalu kasar tekstur dawet nya oatmeal instan nya saya blender halus. Kalau dawet asli nya kan dari tepung beras, yang ini sih kreasi saya saja untuk camilan si kecil. Bisa di tambahkan susu UHT pada dawet nya juga enak, berhubung lagi gak punya stok susu UHT yo wis lah yah kuah dawet nya bening saja. Keluarga saya lebih senang menyantap dawet dengan susu UHT di banding dengan santan. Mungkin rasa susu yang lebih ringan di banding santan.

Tak perlu khawatir keluarga menyantap dawet oat ini. Apalagi disajikan bersama kurma dan potongan buah segar, yang pasti serat dapat, energi nya dapat,vitamin dan mineral dapat. Protein nya pun dapat dari susu UHT. Terima kasih Oatsy, Diet sehat untuk Indonesia sehat.

Dawet Oat

by Ineke Damayanti

Bahan bahan
5 sdm muncung Oatmeal Instan Oatsy
1 bungkus jelly plain
Air matang 3 gelas belimbing
Gula 5 sdm peres
Pasta vanilla 1/2 sdt

Cara membuat

  1. Dalam panci,campur semua bahan sampai merata, tidak ada gumpalan jelly dan oat.
  2. Masak dengan api sedang sampai meletup letup.
  3. Siapkan wadah yang telah di isi air dingin dan beberapa buah es batu.
  4. Tuangkan adonan ke atas cetakan cendol yang di bawah nya ada wadah berisi air dingin tadi. Lakukan sampai adonan habis.
  5. Siap di sajikan, mau di dinginkan terlebih dahulu juga nikmat.

Saran penyajian

  1. Bisa dengan potongan buah mangga dan potongan kurma.
  2. Bisa di tambahkan susu UHT, simple syrup dan potongan agar agar rasa sesuai selera ya.

Hasil jadi 20 gelas.

Spread the grain!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *