Tortilla Kebab Oatsy

Niat ingin bisa membuat kulitnya kebab alias tortilla sudah lama sekali, tetapi baru sempat mengeksekusinya sekarang. Menambahkan Oatsy membuat kulit kebab terasa berbeda. 
Kulit tortilla tentu saja harus lebar, tipis, lembut, mudah ditekuk dan digulung tanpa harus pecah. Untuk itu maka diperlukan adonan yang lembut dan elastis. Proses pemanggangan juga menentukan, jangan memanggang terlalu, cukup hingga bergelembung saja permukaannya, agar didapat kulit yang cukup luwes saat akan digulung. 

Tortilla Kebab Oatsy

By Eka Arei Shanti

Bahan:

250 ml air hangat
80 gr OATSY Cepat Masak
250 gr Tepung Terigu
125 gr mentega
1/2 sdt garam

Cara membuat:

  1. Campur OATSY Cepat Masak dan air hangat, lalu masak selama 4 menit. Sisihkan, tunggu hingga agak dingin
  2. Campur tepung terigu dan mentega, uleni sampai berbulir bulir. Lalu masukkan adonan Oatsy  ke dalam adonan tepung terigu, uleni hingga kalis.
  3. Bagi adonan menjadi 15 bagian, masing-masing sekitar 40 gram. Bulatkan, tutup dengan kain bersih dan istirahatkan selama 15 menit.
  4. Taburi permukaan meja dan rolling pin dengan sedikit tepung, letakkan satu bulatan adonan tortila.  Gilas perlahan hingga melebar dan berbentuk bulat dengan diameter sekitar 18 – 20 cm. Pastikan permukaan meja telah ditaburi tepung agar adonan tidak lengket.
  5. Panaskan penggorengan dadar anti lengket dengan api kecil saja. Panggang adonan kulit tortila yang telah digilas tipis hingga permukaannya tampak mengeluarkan gelembung udara. Lalu balikkan, dan panggang hanya beberapa detik saja, angkat.  Balikkan, tekan permukaannya dengan spatula dan panggang sisi lainnya beberapa detik saja dan angkat.  Lakukan hingga semua bulatan adonan habis.
Spread the grain!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *