Coffee Oat Donut

Weekend kemaren abis kumpul-kumpul sama temen-temen NCC Lampung di kelas roti, hawa ngulen adonan masih segar. Mumpung belum luntur semangatnya, mari kita ngulen lagi. Kali ini bikin donat deh.

Browsing resep donat oatmeal umumnya ketemunya resep donat yang dipanggang, aku gak punya cetakannya, sempet nemu satu resep donat goreng… langsung eksekusi, tapii… hasilnya kurang memuaskan, adonan terlalu lembek, donatnya jadi gak karuan bentuknya, rasanya apalagi… sedih banget.

Pagi ini karena penasaran, bikin lagi deh…  kali ini pake ilmu sok tau, alias kira-kira. Karena aku penggemar kopi, semena-mena aja masukin kopi ke adonan biar kalo gagal lagi setidaknya ada rasa yang aku suka, jadi bisa ditelen… hahaha. Eh hasilnya malah bagus, aku sukaa… sulungku yang lagi libur setelah UN juga responnya positif, gak berenti-berenti ngicipnya sampe gak mau makan siang lagi. Gak papalah, kan donatnya udah pake Oatsy Oatmeal Instan – Diet Sehat untuk Indonesia Sehat.

Coffee Oat Donut

by Iin Sidharta

Bahan :

500 gr tepung terigu protein tinggi
200 gr Oatsy Oatmeal Instan
11 gr ragi instan
2 sdm susu bubuk
6 sdm gula pasir
4 kuning telur
2 sdm kopi instan
200 ml susu UHT cokelat
1/2 sdt garam
60 gr butter
Minyak untuk menggoreng

Bahan Glaze:

1/2 cup palm sugar
1 1/2 sdt maizena
1/2 sdt kayu manis bubuk
1/2 sdt vanilli bubuk
2 sdm susu cair

Cara Membuat :

  1. Larutkan kopi instan dalam susu UHT cokelat, dinginkan di kulkas.
  2. Campur terigu, Oatsy Oatmeal Instan, ragi instan, susu bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
  3. Tambahkan kuning telur dan larutan kopi susu dingin. Uleni hingga mulai kalis.
  4. Tambahkan garam dan butter, uleni hingga elastis. Bulatkan adonan dan tutup. Diamkan 15-30 menit hingga mengembang 2x lipat.
  5. Kempiskan adonan, gilas 1 cm, cetak dengan cetakan donat. Diamkan 10-20 menit hingga mengembang.
  6. Panaskan minyak, goreng donat dengan api kecil hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  7. Buat glaze: campur semua bahan, panaskan sebentar hingga semua bahan larut, angkat.
  8. Celupkan bagian permukaan donat ke glaze. Siap disajikan.

untuk 25 pcs

Spread the grain!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *