Donat Oatsy

Yup akhir nya berhasil membuat donat dengan tambahan oatmeal instan. Biasa buat resep donat yang ada tambahan oat dalam keadaan kering di dalam nya kalau sudah di goreng tekstur nya jadi keras. Entah ya mungkin belum ketemu takaran yang pas aja. 

Cerita nya buat donat oatsy ini karena accident saja, awalnya mau buat mpe mpe pakai metode water roux atau thang zong.  Niat nya sih mau buat 1/2 resep saja, lah buat adonan water roux nya koq 1 resep….oala gak fokus nampak nya. Yo wes sekalian coba buat donat pakai metode water roux ini. Biasa nya adonan water roux untk donat pakai tepung terigu protein tinggi namun kali ini saya ganti dengan oatmeal instan oatsy yang telah saya blender.

Hasil nya wow gak nyangka, donat nya bisa tetap empuk selama 2 hari walau tanpa pelembut dan pengempuk. Hanya mengandalkan ragi saja sebagai pengembang. Dan ternyata batita saya suka banget yang masih hangat dan belum di topping. Rasa donat ini gak manis karena nanti ketika di beri topping gak double manis nya. Aman buat batita saya juga. Saya suka aroma oatmeal instan oatsy yang berpadu bersama susu dan margarine ketika di panaskan, aroma nya khas. Terima kasih oatsy, Diet sehat untuk Indonesia sehat.

Donat Oatsy

by Ineke Damayanti

Bahan water roux atau thang zong

75 gr Oatmeal Instan Oatsy, blender halus
150 gr air
Cara membuat
Semua bahan di aduk sampai rata dalam sebuah panci. Kemudian masak dengan api kecil sampai seperti bubur. Diamkan sampai benar benar dingin ya.

Bahan Donat

250 gr tepung terigu protein tinggi
1 kuning telur
20 gr susu bubuk
30 gr gula pasir
3 gr ragi instan
1/2 sdt garam
20 gr margarine

Cara Membuat

  1. Campur semua bahan donat kecuali garam dan margarine sampai tercampur rata.
  2. Masukkan bahan water roux lalu uleni donat sampai kalis. Saya uleni pakai tangan saja.
  3. Masukkan garam dan margarine lalu lanjut uleni adonan sampai terasa ringan dan tidak menempel di tangan. Kalau di lebar kan adonan tidak putus,elastis. Tandanya adonan siap di proofing.
  4. Tutup wadah dengan plastik wrap atau serbet bersih lalu diamkan sampai mengembang 2x lipat nya. Waktu nya tergantung cuaca di rumah masing masing ya.
  5. Sudah mengembang kempis kan adonan dan uleni sebentar.
  6. Timbang adonan seberat 50 gr bulatkan lalu pipihkan. Lubangi bagian tengah,lalu tata di atas loyang yang telah di tabur terigu.
  7. Biarkan sampai 10 menit atau sampai adonan selesai di bentuk.
  8. Panaskan minyak dengan api kecil saja. Mulai menggoreng donat, ketika bagian bawah donat sudah berwarna kecoklatan maka siap di balik. Balik cukup 1 kali saja supaya nampak white ring di sekeliling donat.  Angkat dan tiriskan. Biarkan sampai dingin betul baru di beri topping.
  9. Topping sesuai selera. Siap di sajikan,Alhamdulillah.

Hasil jadi 15 pcs donat.

Yeay…… punya camilan sehat untuk batita dan keluarga. Alhamdulillah.

Spread the grain!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *